BIRO ADMINISTRASI & SUMBER DAYA ALAM
SETDA PROVINSI JAWA TIMUR

PUSAT SURVEI GEOLOGI BERI PEMAHAMAN TENTANG ILMU KEBUMIAN

Pusat Survei Geologi (PSG) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) memberi pemahaman kepada mahasiswa, para guru dan badan dinas di Provinsi Jawa Timur tentang ilmu kebumian. Kegiatan ini digelar agar ke depan ada kerjasama antara pusat dan daerah dalam meningkatkan penelitian kegeologian.
    Asep Kurnia Permana mewakili Kepala Pusat Survei Geologi saat membuka acara Sosialisasi dan penyebaran informasi kebumian di Garden Palace Hotel Surabaya, Rabu (26/8) mengatakan, saat ini kebutuhan akan informasi geologi dalam rangka percepatan pembangunan nasional semakin tinggi. PSG dalam hal ini bertanggungjawab dalam pengadaan data tentang kegeologian.
    "Salah satu yang dilakukan, yakni dengan menggelar sosialisasi tentang informasi kebumian. Ini agar masyarakat bisa mengenal lebih jauh apa saja kegiatan kegeologian," ujar Asep Kurnia.
    Salah satu Pembicara PSG, M Heri Hermiyanto Zajuli ST MT mengatakan, ilmu kebumian sangat perlu dipelajari. Hal ini salah satunya karena faktor ekonomi. Yakni sebagai penunjang industri dimana ini kaitannya dengan kebutuhan pangan manusia. Seperti diketahui, bumi sebagai sumber daya alam dan bencana memiliki kandungan minyak dan gas bumi serta biji.
    Ilmu kebumian atau kegeologian juga diperlukan oleh perencanaan pembangunan dan infrastruktur.(sti)

 

ppid
Informasi Laporan penyelenggaraan pem
Pusat data Pemprov Jatim
e Sakip
Transparansi pengelolaan Anggaran